RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA NEGERI 1 PANGKAJENE
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XII/ Ganjil
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit ( 5 x Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti :
KI 1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati,
ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2 Menyadari
dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bio proses.
1.3 Peka
dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku
ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,
dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan
pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama,
cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam
dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2 Peduli
terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan
kerja saat melakukan kegiatan pengamatan
3.1 Menganalisis hubungan antara faktor internal
dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada Mahluk Hidup
berdasarkan hasil percobaan.
4.1 Merencanakan dan melaksanakan percobaan
tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan
tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan
ilmiah yang benar.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.1.1
Rajin beribadah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
karena telah menciptakan keteraturan dan kompleksitas proses kehidupan baik
pada tumbuhan hewan, maupun manusia.
1.2.1 Menyadari pentingnya berfikir
ilmiah saat melakukan pengamatan pertumbuhan baik pada tumbuhan, hewan, maupun
manusia.
1.2.2 Menggunakan pola pikir
ilmiah dalam merencanakan, melakukan, serta mengomunikasikan hasil pengamatan
dan percobaan yang telah dilakukan.
1.3.1 Menjaga keseimbangan
lingkungan untuk mendukung kelangsungan hidup tumbuhan, hewan, dan manusia.
2.1.1 Menghargai pendapat orang
lain sebagai wujud toleransi
2.1.2 Mengemukakan pendapat
disertai argumen ilmiah.
2.1.3 Melakukan pengamatan dan
percobaan dengan cermat dan teliti.
2.1.4 Mementingkan kerjasama
kelompok dalam melakukan diskusi dan pengamatan.
2.1.5 Mengomunikasikan hasil
percobaan sesuai dengan fakta.
2.2.1 Melakukan kegiatan tentang
pertumbuhan dan perkembangan dengan memperhatikan prinsip keselamatan kerja di
laboratorium.
2.2.2 Merawat dengan baik tanaman
yang digunakan dalam percobaan.
3.1.1
Mendeskripsikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
3.1.2
Mendeskripsikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
3.1.3. Membedakan perkecambahan epigeal dan
hypogeal.
3.1.4. Menjelaskan
pertumbuhan primer dan sekunder
3.1.5. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada
tumbuhan.
3.1.6. Mengidentifikasi fase-fase
pertumbuhan dan perkembangan manusia.
3.1.7. Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan
manusia.
4.1.1 Membuat rancangan
percobaan tentang pengaruh faktor luar terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
4.1.2 Melakukan percobaan
tentang pengaruh faktor luar terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
4.1.3 Menganalisis data hasil percobaan sesuai
kaidah keilmuan
4.1.4 Menyajikan laporan hasil percobaan.
D. Materi Ajar
Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Pertumbuhan :
proses penambahan
ukuran (volume, massa,
tinggi, atau panjang) yang permanen dan bersifat tidak balik (irreversible).
Proses ini bersifat kuantitatif
artinya dapat dinyatakan dengan satuan bilangan.
Perkembangan:
perubahan dalam bentuk dan
kompleksitas yang terjadi selama pertumbuhan serta proses menuju
kedewasaan pada makhluk
hidup.
Proses ini
bersifat kualitatif artinya tidak dapat dinyatakan dengan
bilangan.
1.
Perkembangan
bakal biji.
a.
Perkembangan
endosperm
b.
Perkembangan
embrio
2.
Perkembangan
bakal buah.
Perkecambahan
Perkecambahan ditandai
dengan berakhirnya masa dormansi.
Perkecambahan pada tumbuhan
dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu:
1.
Perkecambahan
epigeal yang ditandai dengan hipokotil terangkat keatas permukaan tanah.
Contohnya kacang hijau.
biologimediacentre.comjpg
2.
Perkecambahan
hipogeal yang ditandai pertumbuhan memanjang dari epikotil sehingga menyebabkan
plumula keluar dan menembus pada kulit bijinya yang nantinya akan muncul di
atas tanah. Contohnya kacang kapri.
Pertumbuhan
Pertumbuhan pada tumbuhan dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
1.
Pertumbuhan
primer adalah pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas jaringan meristem
primer atau disebut juga meristem apikal.
2.
Pertumbuhan
sekunder adalah pertumbuhan hasil aktivitas jaringan meristem sekunder berupa
kambium dan kambium gabus.
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
tumbuhan
1.
Faktor
internal meliputi faktor genetis (gen) dan fisiologis (hormon dan vitamin).
2.
Faktor
eksternal meliputi temperatur, cahanya, air, pH, oksigen, dan nutrisi.
Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan
Pertumbuhan dan
perkembangan hewan dibagi menjadi 2 tahap, yaitu:
1.
Tahap
embrio melaiputi fase morula, blastula, gastrula, serta deferensiasi dan
organogenesis.
2.
Tahap
pasca embrio adalah pertumbuhan dan perkembangan setelah masa
embrio.Pertumbuhan dan perkembangan pasca embrionik yang melalui tahap larva
ini dikenal dengan metamorfosis.Contoh hewan yang mengalami metamorfosis adalah
serangga dan katak.
Regenerasi
Regenerasi adalah proses perbaikan tubuh yang luka
atau rusak.
Metamorfosis
Metamorfosis adalah perubahan bentuk tubuh yang
dialami oleh hewan dari tahap larva hingga mencapai bentuk dewasa.
1.
Metamorfosis
pada serangga
adhityanugrahanovianta.blogspot.com
2. Metamorfosis katak
Metamorfosis katak
E. Media
, alat dan sumber belajar
1. Media : Powerpoint / carta
2. Alat/Bahan : Laptop dan LCD
proyektor
3. Sumber belajar
: Buku Biologi SMA kelas XII dan
buku lain yang relevan, internet
F. Pendekatan
, model dan metode pembelajaran
1.Pendekatan
: Saintifik
2.Model :
PBL ( problem based learning ), Discovery, Project based learning,
Inquiry
3.Metode : Diskusi , Tanya jawab , eksperimen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar